Profile

Join date: Oct 20, 2022

About

Secara sederhana, kegunaan MCB adalah untuk melindungi aliran listrik yang tersedia di rumah Anda. Banyak orang barangkali tetap belum begitu familiar bersama MCB ini, walau memang udah kerap melihatnya tetapi tidak sadar namanya saja.


MCB ini miliki kegunaan yang lumayan vital untuk melindungi keamanan di rumah Anda. Agar sanggup lebih sadar kegunaan MCB yang berperan mutlak didalam proses kelistrikan di rumah Anda ini, mari liat penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Apa itu MCB?

MCB atau Miniature Circuit Breaker, merupakan salah satu komponen instalasi listrik rumah yang miliki fungsi yang benar-benar vital dan penting. Pada instalasi listrik di rumah, MCB ini biasanya dipasang terhadap kWh meter listrik PLN dan terhadap box MCB.


MCB ini berfaedah sebagai proses proteksi terhadap instalasi listrik kalau berjalan beban berlebih atau terjadinya short circuit atau korsleting. Komponen ini bakal memutus aliran arus listrik secara otomatis ketika beban melebihi kapasitas atau berjalan korsleting. Pemutusan ini merupakan prosedur keselamatan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di idamkan seperti kebakaran.


3 Fungsi MCB terhadap Instalasi Listrik

Seperti yang udah dijelaskan di atas, MCB ini miliki kegunaan dan fungsi yang vital terhadap proses kelistrikan di rumah Anda. Berikut ini beberapa kegunaan MCB yang kudu Anda ketahui:


1. Sebagai Pemutus Arus

Fungsi MCB yang pertama adalah untuk memutus arus listrik agar pemilik rumah atau gedung sanggup mematikan aliran listrik. Fungsi ini sanggup dijalankan secara manual lewat sakelar toggle. Sebagai contoh, ketika Anda mendambakan melakukan perbaikan kabel dan mendambakan mematikan seluruh jaringan listrik, tidak hanya terhadap satu titik saja, Anda sanggup mematikannya lewat sakelar toggle tersebut.


Seringkali didalam satu rumah atau gedung terdapat lebih dari 1 MCB. Oleh gara-gara itu, ketika mendambakan mematikan MCB secara manual, Anda kudu sadar jalan instalasi listrik agar tidak berjalan kekeliruan didalam mematikannya.


2. Hindari Terjadinya Beban Berlebih (Overload)

Overload merupakan suatu kondisi di mana pemakaian tenaga listrik melebihi daya yang tersedia. Nah, seperti yang udah dijelaskan di atas, MCB ini sanggup secara otomatis memutus aliran listrik ketika berjalan kelebihan beban listrik ini.


Pada MCB, tersedia yang disebut sebagai komponen bimetal. Tugas dari komponen tersebut untuk mendeteksi terjadinya beban berlebih. Saat pemakaian daya listrik udah berlebihan, komponen tersebut bakal memanas gara-gara dialiri listrik melebihi kapasitasnya. Saat panas, bimetal bakal melengkung dan memutus arus listrik secara otomatis.


3. Pengamanan Jika Terjadi Hubungan Arus Pendek (Short Circuit) atau Korsleting

Sepertinya udah banyak orang yang sadar bahwa korsleting merupakan salah satu penyebab paling lazim dari terjadinya kebakaran. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, dibutuhkan prosedur keselamatan yang secara otomatis sanggup memutus arus sementara berjalan korsleting yang berpotensi mengakibatkan percikan api, yaitu MCB.


Untuk kegunaan yang satu ini, sebuah komponen magnetic trip berupa solenoid didalam MCB yang bakal melakukannya. Sama seperti bimetal, komponen ini juga bakal bereaksi gara-gara terjadinya panas. Namun kalau berjalan korsleting, panas yang masuk biasanya benar-benar tinggi agar mengakibatkan tipe magnet terhadap solenoid yang secara otomatis bakal menarik sakelar agar aliran listrik padam.


Perbedaan pada komponen magnetic trip dan bimetal ini terletak terhadap jeda waktunya. Pembengkokan bimetal berjalan bersama rentang sementara tertentu, agar tidak bakal spontan memutus arus sementara beban terjadinya kelebihan beban. Sedangkan, komponen magnetic trip yang sanggup bereaksi lebih cepat gara-gara terhadap kondisi darurat sementara korsleting dibutuhkan reaksi yang cepat dan spontan.

Overview
First Name
Wilson
Last Name
Cable

Mengenal MCB dan Fungsinya

More actions